SEJARAH JEJARING SOSIAL
Belakangan ini situs jejaring sosial sangat marak perkembangannya di sekitar kita. Bahkan penggunanya sangat banyak dan meliputi hampir berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa.
Jejaring sosial sendiri mempunyai arti sebagai struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.
Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.
Lalu dengan majunya teknologi maka media jejaring sosial berkembang dengan pesat. Contohnya terciptanya Friendster pada tahun 2002 yaitu sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Lalu di 2003 muncul situs sosial yang lain seperti YouTube, Myspace dll. Dan pada 2005 Friendster dan Myspace menjadi salah satu situs jejaring sosial yang paling diminati.
Dan kemudian semakin banyak situs jejaring sosial contohnya seperti Facebook yang menggantikan tren Friendster karna di Facebook banyak yang baru dan karena itu Facebook mejadi banyak diminati. Kemudian situs jejaring sosial semakin diminati dan menjadi banyak bermunculan seperti Twitter, Reddit dan juga jejaring Messenger seperti WhatsApp, Telegram dan masih banyak lagi.
Pada awalnya situs-situs jejaring sosial isinya lebih banyak terkait hal-hal yang sifatnya “fun” dan nostalgia ria tapi selanjutnya terjadi perkembangan yang mengarah ke arah profesionalisme. Dari sekedar komunitas biasa/pertemanan, lalu bertransformasi menjadi tempat untuk melakukan kontak bisnis atau komunitas yang lebih serius. Para pengguna mulai memanfaatkan situs-situs jejaring sosial sebagai alat yang mendukung profesi ataupun wirausaha. Info kontak person dapat membantu menemukan beragam rute dan informasi menuju jenis perusahaan yang diinginkan ataupun peluang bisnis baru. Para pengguna situs jejaring sosial pun mulai bergeser, tidak hanya didominasi oleh generasi muda atau remaja, golongan tua pun sudah mulai melirik situs jejaring sosial sebagai tempat favorit bersosialisasi.
Comments
Post a Comment